Aksi Demo Terbesar di Indonesia, Ketika Rakyat Tumpah Ruah ke Jalan Raya Demi Perjuangkan Hak-haknya

Aksi demo terbesar di Indonesia, ketika rakyat tumpah ruah ke jalan raya demi perjuangkan hak-haknya.

Aksi demo terbesar di Indonesia pernah terjadi berulang kali. Ketika demonstrasi terjadi, rakyat tumpah ruah ke jalan raya menuju ke satu titik demo. Baik ke Istana Kepresidenan, ke Gedung MPR/DPR, atau ke titik-titik lainnya.

Beberapa aksi demo terbesar di Indonesia yang pernah tercatat adalah saat demonstrasi mahasiswa tahun 1998 lalu di Jakarta. Saat itu, mahasiswa menuntut Presiden Soeharto turun dari kursi presiden. 

Gak cuma di Jakarta, demonstrasi mahasiswa juga terjadi di sejumlah kota di Indonesia. Kericuhan juga mewarnai aksi demonstrasi yang menimbulkan korban jiwa dan luka-luka serta kerugian material lainnya.

Inilah aksi demo terbesar di Indonesia, ketika rakyat tumpah ruah ke jalan raya demi perjuangkan hak-haknya.

#1 Demo buruh


Aksi demo terbesar di Indonesia yang rutin diselenggarakan adalah Demo buruh. Demo buruh bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya.

Demo buruh ini selalu diikuti oleh ribuan buruh di banyak kota di Indonesia. Para pendemo biasanya datang dari berbagai daerah dengan tuntutan seputar kesejahteraan kaum buruh di Tanah Air.

Demo buruh terjadi bertepatan dengan Hari Buruh Internasional 1 Mei (harianmomentum.com)

#2 Demo 4 November 2016


Aksi demo terbesar di Indonesia selanjutnya terjadi pada 4 November 2016 lalu. Demonstrasi ini merupakan demo yang cukup heboh karena diikuti lebih dari satu juta orang. Demonstrasi ini juga diikuti banyak orang dari seluruh Indonesia di Jakarta.

Tuntutannya adalah memenjarakan Gubernur DKI Jakarta kala itu Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama setelah tersandung kasus penistaan agama.

Demo ini terpusat di kawasan sekitar Monas, Jakarta Pusat yang berlangsung dengan damai.

Demo 4 November 2016 di Jakarta (tirto.id)

#3 Demo Tritura


Aksi demo terbesar di Indonesia selanjutnya pernah terjadi tahun 1966 silam. Demo besar ini disebut dengan Demo Tritura atau Tiga Tuntutan Rakyat. Demo ini dimotori oleh mahasiswa yang menyerukan tuntutannya kepada Presiden Soekarno.

Tiga tuntutan kala itu adalah pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya, perombakan kabinet Dwikora, dan menurunkan harga sembako. Dmeo ini tercatat sejarah sebagai demo besar yang terjadi setelah Indonesia merdeka.

Demo Tritura tahun 1966 silam (idsejarah.net)

#4 Demo Malari


Aksi demo terbesar di Indonesia selanjutnya dipicu oleh insiden yang terjadi pada tanggal 15-16 Januari 1974 silam. Demo Malari menjadi aksi rakyat yang tumpah ruah ke jalan raya untuk menuntut pemerintah menurunkan harga sembako dan mengurangi investasi dari luar negeri.

Aksi turun ke jalan ini berakhir dengan kerusuhan besar sehingga disebut Peristiwa Malari.

Demo Malari di Jakarta tahun 1974 silam (kompas.com)

#5 Demo 1998


Aksi demo terbesar di Indonesia berikutnya terjadi pada tahun 1998 silam di Jakarta. Aksi demo itu disebut-sebut sebagai salah satu aksi demo terbesar di Indonesia.

Demonstrasi itu diikuti oleh mahasiswa dari berbagai penjuru daerah. Saat itu, para mahasiswa menuntut Presiden Soeharto turun dari jabatan presiden.

Demo besar ini memakan banyak korban jiwa dan menjadi ketakutan bagi warga Indonesia setelah kerusuhan terjadi di mana-mana. Unjuk rasa saat itu menyebar hingga ke pelosok daerah yang terjadi hampir serentak di seluruh Indonesia.

Itulah aksi demo terbesar di Indonesia, ketika rakyat tumpah ruah ke jalan raya demi perjuangkan hak-haknya.

Demo 1998 di Jakarta (kompas.com)