Gaji Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Ternyata Gak Sebanyak yang Kita Duga, Tapi ...

Gaji anggota DPR RI periode 2019-2024 ternyata gak sebanyak yang kita duga. Tapi ....

Buat kamu yang bertanya-tanya, berapa sih gaji anggota DPR RI? Ada yang tau berapa besarnya? Soalnya, mereka kok bisa hidup mewah dan kayaknya tajir melintir banget.

Anggota DPR yang terhormat ini juga punya banyak aset berharga. Harta kekayaannya mungkin bisa melimpah ruah ya. Tapi ternyata, gaji anggota DPR tuh gak sebanyak yang kita duga sih.

Rincian gaji anggota DPR RI untuk periode 2019-2024 telah diatur dalam Surat Edaran Setjen DPR RI No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 tentang Gaji Pokok dan Tunjangan Anggota DPR RI. 

Sementara ketetapan gaji anggota DPR diatur dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015 tentang kenaikan indeks sejumlah tunjangan bagi anggota DPR.

Dari dua aturan itu, diketahuilah bahwa gaji anggota DPR dibagi menjadi tiga kategori. Yaitu gaji anggota DPR, gaji anggota DPR merangkap Wakil Ketua, dan gaji anggota DPR merangkap Ketua.

Berapa sih gaji anggota DPR RI periode 2019-2024? (lifepal.co.id)

Gaji anggota DPR yang sebatas anggota aja menerima gaji pokok sebesar Rp4,2 juta. Tapi tunjangannya sangat beragam yang kalo ditotal mencapai Rp19,1 juta. Selain itu, gaji anggota DPR RI juga masih ditambah dengan pemasukan dari penerimaan lain. Makanya mereka bisa tajir melintir gengs.

Untuk mata gaji penerimaan lain, anggota DPR menerima tunjangan kehormatan sebesar Rp5,5 juta, tunjangan komunikasi intensif sebesar Rp15,5 juta, tunjangan peningkatan fungsi pengawasan dan anggaran Rp3,7 juta, bantuan langganan listrik dan telepon sebesar Rp7,7 juta, termasuk asisten anggota sebesar Rp2,2 juta.

Total dari penerimaann lain itu, gaji anggota DPR per bulan bisa mencapai Rp34,8 juta gengs.

Gak cuma itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat ini juga menerima gaji lain. Mulai dari biaya perjalanan, rumah jabatan, perawatan kesehatan, uang duka, hingga biaya pemakaman. Anggota DPR juga masih mendapatkan uang pensiun.

Gaji pokoknya emang gak sebesar yang kita bayangkan, tapi ... (alinea.id)

Kalo ditotal, anggota DPR RI periode 2019-2024 meneruma gaji hingga Rp66,1 juta per bulan! Eh, ternyata banyak juga ya gajinya. 

Jumlah itu juga berbeda degan anggota DPR yang merangkap Wakil Ketua yang jika ditotal mencapai Rp78,8 juta. 

Sementara gaji anggota DPR yang merangkap Ketua bisa mencapai Rp80,3 juta per bulan. 

Anggota DPR periode 2019-2024 sendiri berjumlah 575 orang dari hasil Pemilu 2019. Mereka juga telah sah dilantik pada 1 Oktober 2019 lalu. 

Kamu, pengin jadi anggota DPR juga gak gengs? Bisa tajir melintir juga loh.

Tapi jangan salah, tunjangannya banyak banget~ (kabar3.com)