Jajanan Jaman Dulu yang Hampir Punah, Langka dan Sekarang Makin Sulit Ditemukan Nih

Jajanan jaman dulu yang hampir punah, langka dan sekarang makin sulit ditemukan nih.

Ada beberapa jajanan jaman dulu yang hampir punah nih gengs. Beberapa jajanan jaman dulu itu mungkin cuma diketahui orang tua kamu ya. Tapi mungkin kamu pernah cobain juga meski sekarang udah sangat langka dan makin sulit ditemukan.

Beberapa jajanan jaman dulu yang hampir punah seperti clorot atau getuk lindri. Beberapa camilan itu emang jajanan hits pada masanya. Tapi kini sudah tergantikan dengan jajanan hits yang instan biar lebih gampang saat dimasak atau dimakan.

Inilah jajanan jaman dulu yang hampir punah. Langka dan sekarang makin sulit ditemukan. Coba cari deh, susah banget dapetinnya.

#1 Clorot


Kamu tau clorot? Clorot adalah salah satu jajanan jaman dulu yang hampir punah gengs. Tekstur clorot mirip jenang. Jajanan ini dibungkus dengan daun janur yang udah jarang banget ditemukan di mana pun. Bahkan di pasar tradisional juga jarang. Padahal enak banget loh.

Clorot (gudeg.net)

#2 Kue rangi


Tahun 1990-an dulu, banyak banget abang-abang yang jualan kue rangi di depan sekolah. Tapi sekarang, kue rangi jadi salah satu jajanan jaman dulu yang hampir punah gengs.

Kue rangi adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari tepung dicampur kelapa parut. Cara masaknya biasanya dipanggang dengan kayu bakar atau arang. Jajanan ini juga sulit banget ditemukan sekarang.

Kue rangi (fimela.com)

#3 Untir-untir


Untir-untir adalah salah satu jajanan jaman dulu yang hampir punah. Sebutannya banyak banget gengs, ada yang bilang kue plintir, unter-unter, atau kue tambang. Jajanan ini biasanya muncul di arisan ibu-ibu atau camilan saat Idulfitri. Tapi kini udah langka banget.

Untir-untir (cookpad.com)

#4 Kembang goyang


Kembang goyang juga nih, jajanan jaman dulu yang hampir punah. Kembang goyang adlaah salah satu kue khas Betawi yang bentuknya kayak kembang atau kelopak bunga. Kenapa dinamakan kembang goyang ya karena cara masaknya.

Coba tanya orang tua kamu gimana cara masak kembang goyang. Biasanya, kembang goyang dimasak dengan cara menggoyang-goyang adonan dari cetakan saat digoreng.

Kembang goyang (langsungenak.com)

#5 Geblek


Geblek adalah salah satu jajanan jaman dulu yang hampir punah. Coba perhatikan cara baca nama makanan ini. Tapi, makanan ini termasuk jajanan hits pada masanya yang kini mulai langka.

Geblek berwarna putih dan bentuknya kayak angka 8. Rasanya kriuk-kriuk kayak kerupuk. Ada yang pernah coba?

Geblek (cookpad.com)

#6 Madu mongso


Madu mongso kini menjadi salah satu jajanan jaman dulu yang hampir punah. Madu mongso rasanya tuh manis dan asam. Terbuat dari ketan hitam yang difermentasi. Biasanya dibungkus kertas warna-warni.

Madu mongso (id.wikipedia.org)

#7 Kue cucur



Kue cucur juga jadi salah satu jajanan jaman dulu yang hampir punah nih. Kue cucur biasanya gampang banget ditemukan di pasar tradisional. Kue cucur terbuat dari tepung beras dan gula merah. Sekarang kue cucur udah jarang banget ditemukan.

Kue cucur (pinterest.com)

#8 Getuk lindri

Getuk lindri adalah jajanan jaman dulu yang hampir punah. Makanan yang terbuat dari singkong biasanya warna-warni. Ada taburan gula pasir dan parutan kelapanya. Kalo warnanya ungu kaya dagunya Thanos.

Penjual getuk lindri beberapa tahun biasanya mendorong gerobak sambil nyetel musik kenceng-kenceng pake toa. Tapi sekarang masih ada gak sih gengs?

Getuk lindri (kompasiana.com)

#9 Pia telur gajah


Camilan ini disebut pia telur gajah yang kini menjadi jajanan jaman dulu yang hampir punah. Pia ini memiliki ukuran yang lebih besar dari pia pada umumnya. Bahan dasarnya adalah tepung terigu dan isinya gula merah.

Pia telur gajah ini punya banyak sebutan di berbagai daerah. Teksturnya gurih, manis, crunchy gitu~ Tapi sekarang makanan ini langka banget deh.

Pia telur gajah (gotravelly.com)

#10 Manisan pala


Manisan pala juga jadi salah satu jajanan jaman dulu yang hampir punah. Manisan pala ya jelas terbuat dari buah pala yang dicampur gula pasir. Camilan ini berasal dari Cianjur, Jawa Barat, yang kini udah langka banget.

Manisan pala (okezone.com)

#11 Grontol jagung


Grontol jagung merupakan jajanan jaman dulu yang hampir punah. Grontol jagung jelas terbuat dari jagung dong. Jagungnya direbus terus ditaburin parutan kelapa dan gula. Makanan khas Jawa Tengah ini juga sulit ditemukan sekarang.

Itu dulu deh jajanan jaman dulu yang hampir punah. Mungkin masih banyak jajanan jaman dulu lainnya yang jarang banget ditemukan saat ini. Cobain satu-satu deh kalo kamu belom pernah ngerasain gimana enaknya jajanan jaman dulu ini.

Grontol jagung (kompas.com)