Ternyata Ini Rahasia Gusdur: Meski Tidur Ia Bisa Tahu Apa Saja yang Terjadi

Ternyata Ini Rahasia Gusdur: Meski Tidur Ia Bisa Tahu Apa Saja yang Terjadi

Gus Dur sebagai Bapak Pluralisme adalah sosok panutan yang selain inspiratif, ia juga misterius dan jenaka.

Salah satu kemisteriusan sekaligus keunikan Gus Dur tampak beberapa kali saat ia sedang mengikuti beberapa forum. Sebab tak jarang ketika mengikuti acara tersebut, Gus Dur justru malah tidur. Namun, meskipun tidur di acara forum, ia tahu benar bagaimana jalannya forum dan apa saja yang dibahas ketika forum berlangsung.

Nah, keren kan?

Karena kebiasaan Gus Dur tidur di forum. Sekjen PBNU, Ahmad Bagdja bahkan pernah memberi saran Gus Dur. Ahmad Bagdja menyarankan Gus Dur untuk mengatur posisi badan agar tetap tegak. Tujuannya agar peserta forum tidak merasa tidak nyaman.

Diberi saran seperti itu. Gus Dur pun menjawab, "Ente nggak ngerti ilmunya, ada caranya. Ini persoalan membangun kesadaran saja, yang bisa dilatih."   

Sebab menurut Gus Dur. Ilmu ini bisa dilatih. Dan jika seseorang telah berhasil menguasainya,  ia akan bisa tetap sadar meski sedang tertidur. Nahlo! Gimana tuh caranya?

Biar kalian percaya, Ini dia 5 momen Gus Dur Tidur di forum, dan selalu nyambung setelah bangun.

1. Gus Dur Tidur Saat Bertemu Perdana Menteri India

Ajudan mengingatkan Gusdur yang tidur saat forum berlangsung (medan.tribunnews.com)

Mahfud MD, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pertahanan di era kepemimpinan Gus Dur punya cerita menarik perihal kebiasaan Gus Dur tidur saat forum.

Gus Dur pernah bertemu dengan Perdana Menteri India, Rajvaje dan rombongan di istana. Kedatangan tamu penting ternyata bukan halangan bagi Gus Dur untuk bisa tidur. Padahal waktu itu PM India kala itu sedang bicara serius persis di depan meja sang Presiden Indonesia.

Karena khawatir, ajudan Gus Dur kemudian meminta tolong Mahfud MD yang duduk di sebelah Gus Dur untuk memberikan permen kepada presiden. Tujuannya agar Gus Dur tetap terjaga.

Mahfud MD yang memang duduk di sebelah presiden langsung mencolek paha Gusdur sambil berkata, "Gus, rencana kunjungan ke Mesir."

Baru sepotong Mahfud MD berbicara, Gus Dur sudah menyela, "Ssssst, tak usah laporan dulu, nanti saja. Ini ada tamu penting harus kita dengarkan," kata Gus Dur.

2. Gus Dur Tidur Saat Memimpin Rapat Kabinet

Gambar ketika Gus Dur tertidur (dutaislam.com)

Masih cerita dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD.

Saat itu Gus Dur yang biasanya memimpin rapat kabinet, seringkali tidur usai memimpin rapat. Jadi, ia kemudian meminta Megawati Soekarnoputri untuk mengambil alih memimpin rapat.

"Saat sidang kabinet, biasanya Gus Dur membuka sidang dengan pengantar singkat, kemudian menyerahkan kepada Mbak Megawati (wapres) untuk memimpin sidang. Gus Dur kemudian tertidur," tutur Mahfud MD.

Mahfud MD bahkan mengatakan bahwa meskipun Gus Dur tidur, ia tahu apa saja yang dibahas dalam rapat. 

Hal itu dibuktikan dengan resume yang disampaikan Gus Dur ketika menutup sidang kabinet. Sebab ulasan atau resume tersebut sesuai dengan yang dibicarakan selama sidang! 

Keren ya, Gusdur? 

Gusdur saat memimpin rapat kabinet (duniadian.com)