Beda Jalan Tol Korea Utara dan Indonesia, Sepeda Bisa Masuk Loh

Beda benget sama Jakarta dan kota besar Indonesia. Jalan tol mah tetep macet aja.

Jalan tol punya slogan bebas hambatan, tapi sama sekali gak sesuai sama kenyatan. Faktanya jalan tol di Indonesia tetep aja banyak yang macet. Apalagi di kota-kota besar, duh bisa merayap deh jalannya.

Nah, kenyataan ini beda bangat sama jalan tol yang ada di Korea Utara gengs. Jalan tol di sana beneran bebas hambatan, lebar, dan sepi banget!

Dikutip dari Boredpanda.com, jalan tol di Korea Utara tetap ada sebagai fasilitas umum. Tapi warga Korea Utara kan jarang yang punya mobil ya gengs. Jadi jalan tol yang segeda landasan pesawat itu sepi banget.

Jalanan yang sepi itu bahkan malah dipakai warga buat bersepada hingga aktivitas lainnya seperti jalan-jalan santai,. Anak-anak juga pada main tuh di jalan tol. Propaganda pemerintah adalah hiasan utama jalan tol Korea Utara. Ada juga fasilitas umum yang disediakan, termasuk buat turis.

Potret jalan tol Korea Utara (boredpanda.com)

Foto jalan tol yang diambil oleh Eric Lafforque ini memperlihatkan kehidupan lokal yang gak tersentuh oleh pembangunan. Fotografer berusia 53 tahun itu berhasil mengabadikan momen-momen yang ia ambil ketika berkunjung ke Pyongyang, Ibukota Korea Utara, tepatnya di jalan tolnya.

Kayak kehidupan tahun 1950 ketika keadaan perang berkecamuk. Pemandangan asli Korea Utara juga gak boleh diperlihatkan secara langsung oleh pemandu wisata. Turis di sana punya aturan yang ketat.

Bisa buat main anak-anak malahan (boredpanda.com)

Beda banget sama Jakarta yang udah macet parah. Setidaknya Indonesia gak seketat Korea Utara dan masyarakatnya masih punya banyak kebebasan buat hidup. Gak kebayang deh gimana tinggal di sana. Berulah dikit bisa di dor!

Jalan tol di Korea Utara adalah jalan tol yang sesungguhnya. Beneran bebas hambatan banget. Enak ya gengs kalau di Indonesia apalagi di Jakarta, jalan tolnya juga kayak gini?

Bahkan ada yang gembala bebek gengs (boredpanda.com)

Nah ini ada juga tentara yang ada di pinggir jalan tol. Bawa alat musik juga gengs. Masak sih mereka lagi latihan??

Bus dan wanita Korea Utara (boredpanda.com)

Tentara Korea Utara (boredpanda.com)