X-Plane: Pesawat Supersonik Racikan NASA Terbaru

NASA bikin gebrakan lagi setelah ‘Concorde’ pensiun beberapa dekade silam.

Baru-baru ini, Badan Antariksa negeri Paman Sam NASA membuat kontrak dengan Lockheed Martin Aeronautics. Kontrak bernilai Rp 3,4 triliun dibuat untuk perancangan dan pembuatan pesawat supersonik yang diberi nama X-Plane.

Pesawat rancangan perusahaan kedirgantaraan AS ini bakal membawa penumpang dengan kecepatan lebih dari 1.500 km/jam. Kecepatan itu 300 km/jam lebih cepat dari kecepatan suara. Namun, X-Plane dirancang secara tepat agar tidak bising. Tingkat kebisingannya bakal setara dengan pintu mobil yang ditutup atau sekitar 75 PLdB (Perceived Level desibel).

X-Plane sendiri akan menghidupkan kembali penerbangan supersonik komersial. Terakhir, penerbangan supercepat macam ini dilakukan oleh Concorde pada tahun 2000. Namun, itu menjadi penerbangan nahas setelah menewaskan 113 penumpangnya setelah jatuh di kawasan Gonesse, Perancis, sebelum bertolak ke New York, AS.

X-Plane juga dirancang untuk terbang di ketinggian 17.000 kaki. Hingga kini riset masih terus dikerjakan karena NASA berharap penerbangan perdana dapat dilaksanakan pada 2021 mendatang. Bahkan 2022 sudah siap menjadi penerbangan komersil lintas benua.