Kenapa Sih Nggak Ada Kamar Bernomor 420 di Hotel Manapun di Dunia? Begini Alasan di Balik Misteri Ini ...

Kenapa sih nggak ada kamar bernomer 420 di hotel manapun di dunia? Begini alasan di balik misteri ini ....

Mungkin jarang orang menyadari hal ini. Kalo kita menginap di hotel yang punya banyak kamar, setiap hotel pasti nggak ada kamar bernomor 420. Itu kenapa ya?

Hal ini masih jadi misteri sampe sekarang. Soalnya, nyaris gak ada hotel atau apartemen manapun di dunia ini yang punya nomor 420. Setiap abis nomor 419, pasti langsung lompat ke nomor 421 deh.

Kalo pun ada nomor 420, nomor itu ditulis '419+1'. Aneh banget. Apakah ini angka keramat?

Ternyata, nomor 420 ini menyimpan sejumlah misteri yang jarang orang ketahui. Beginilah alasan di balik misteri 420 ini ....

Adanya begini, kamar nomor 419+1, bukan 420 (sftrips.com)

#1 Dipercaya sebagai kode dalam kepolisian

Dikutip dari Times, 420 adalah kode antar-petugas kepolisian. Kode itu menyebutkan status bahwa sedang ada orang yang sedang mengisap marijuana atau ganja.

Kode ini digunakan untuk melaporkan kejadian tersebut. Setelah itu, polisi akan merespons dan segera melakukan penangkapan pelaku.

Katanya sih ini kode kepolisian untuk menangkap pengisap ganja (kompas.com)

#2 Katanya tanggal lahir Hitler, terus?

Tidak adanya kamar bernomor 420 di hotel manapun di dunia juga dikait-kaitkan dengan tanggal lahir tokoh Nazi, Adolf Hitler. Orang-orang nggak mau diasosiasikan dengan diktator asal Jerman ini, karena dia lahir pada 20 April.

Karena katanya 420 adalah tanggal lahir Hitler, maka nggak ada hotel yang menggunakan angka 420 ini. Mereka nggak mau dikaitkan atau disamakan dengan pengikut pimpinan berlambang Swastika miring itu.

Katanya berkaitan dengan tanggal lahir Hitler (historywench.com)

#3 Ternyata emang kode untuk ganja

Dua teori di atas ternyata nggak tepat gengs. Sebaliknya, misteri 420 ini terjawab karena ternyata emang kode untuk ganja. Angka ini berkaitan dengan tanggal 20 April sebagai "hari kelahiran" para pecandu ganja.

Tanggal 20 April dijadikan hari perayaan nasional bagi para penggemar dan aktivis legalisasi ganja. Mereka biasa disebut pothead.

Tahun 1971 lalu, lima siswa dari SMA San Rafael di California, Amerika Serikat, menjadwalkan pertemuan pada pukul 04.20 sore. Pertemuan itu juga dilakukan pada tanggal 20 April oleh kelompok Waldos alias kelompok pecandu.

Mereka bertemu di patung kimiawan Louis Pasteur yang berdiri di sekolahnya.

Mereka menggunakan kode 420 agar pertemuan itu tidak diketahui orang lain. Jadi, misteri 420 ini terungkap yang tak lain adalah ajakan untuk mengisap ganja.

Ternyata emang beneran kode untuk ganja gengs~ (flickr.com)

#4 Kode itu tersebar

Saudara dari salah satu anggota Waldos pernah kenal dengan anggota band The Grateful Dead. Mereka pun adalah penikmat ganja.

Sebelum melakukan konser tahun 1990 lalu, para personel band The Grateful Dead pun sempat menyebarkan pamflet yang berisi ajakan untuk gitting bareng. Kodenya adalah 420 untuk 20 April pada jam 04.20 sore di Oakland, Amerika Serikat.

Waldos, kelompok yang pertama kali menggunakan kode 420 (nbcnews.com)

#5 Kode ini beken karena Waldos

Tahun 1998, Waldos disematkan gelar pencinta 420. Sejak itu, penggunaan kode itu semakin tersebar dan sering digunakan oleh para pecandu ganja di seluruh dunia.

Hingga kini, penggunaan kode 420 terus diasosiasikan dengan para pecandu ganja. Kode itu tetap seperti sebelumnya, ajakan untuk gitting bersama.

Oleh karena itu, kamar hotel dengan nomor 420 dianggap sebagai ruangan khusus yang disediakan untuk orang-orang yang ingin berpesta ganja. 

Jadi ... itulah alasan kenapa nggak ada kamar bernomor 420 di hotel manapun di dunia. Kalo ada berarti ya ruangan khusus gengs.

Kode ini akhirnya mendunia dan berlaku sampe sekarang (huffpost.com)