Ngeri! Ada Kebun Mayat dengan Jasad-jasad Manusia Ditelantarkan Begitu Aja, Punya Tujuan di Baliknya

Duh, apa jadinya perkebunan mayat dengan mayat-mayat manusia ditelantarkan sampai membusuk?

Pernah nggak sih membayangkan, gimana jadinya kalo mayat-mayat manusia ditelantarkan? Pasti baunya nggak enak banget. Pemandangannya juga ngeri sekaligus horror. 

Meski agak sadis gitu, tapi kejadian ini ada secara nyata di Amerika Serikat loh. Jasad manusia sengaja ditelantarkan dan membusuk. Sampai-sampai cuma sisa tulang aja. 

Ternyata hal itu punya tujuan tertentu di baliknya. Apalagi kalo bukan untuk penelitian. Dari observasi, nanti peneliti bisa tau beberapa aspek soal proses dekomposisi tubuh manusia. 

Proses pembusukan ini jadi bagian dari penelitian di Texas State University di Freeman Ranch. Lalu, proses menelantarkan mayat manusia disebut juga dengan 'human taphonomy'. 

penelitian dekomposisi manusia (vox.com)

Dengan penelitian ini, para peneliti bisa memonitor secara langsung proses dekomposisi atau penguraian mayat manusia lewat berbagai situasi dan konfisi jasad yang beda. 

Jasad dapat diletakkan di tempat berbeda untuk melihat prosesnya. Misalnya, dengan ditaruh di mobil, di bawah permukaan air, atau terbungkus selimut. Penguraiannya tentu bergantung pada lingkungan kayak suju, iklim, dan sebagainya. 

human taphonomy (txstate.edu)

Praktek penelitian semacam itu juga pernah dilakukan di Universitas Tennese, Knoxville pada 1981 oleh Bill Bass. Sekarang ada 6 fasilitas penelitian dekomposisi di AS.

Penelitian tersebut sangat berguna banget buat dunia forensik, gengs. Dapat bantu proses investigasi kepolisian gitu. 

Emang ngeri sih. Tapi nyatanya berguna bagi ilmu pengetahuan. Gimana menurut kalian?

kebun mayat manusia (mirror.co.uk)