Makan Langsung dengan Tangan Terbukti Jauh Lebih Sehat, Simak Deh 5 Alasannya

Makan langsung dengan tangan terbukti jauh lebih sehat. Simak deh 5 alasannya.

Makan dengan cara langsung menggunakan tangan udah lama dikenal di beberapa budaya di dunia. Makan dengan cara ini berarti nggak pake alat makan seperti sendok, garpu, atau pisau.

Cara makan begini juga udah lama dikenal di Indonesia. Terutama di kalangan masyarakat Jawa yang dikenal dengan istilah 'muluk' atau 'puluk'.

Orang India juga punya kebiasaan makan langsung dengan tangan ini kok. Kabarnya, tradisi ini juga berguna untuk melatih otot sejak lama. Masyarakat India percaya bahwa tangan adalah bagian tubuh paling berharga.

Menurut Ayurveda, setiap ujung jari manusia juga memiliki saraf yang memengaruhi pencernaan. Bahkan, makan langsung dengan tangan akan memengaruhi tekstur, rasa, dan aroma makanan.

Sementara di peradaban lain, makan langsung dengan tangan juga tercatat pernah dijalani di peradaban lembah Indus, Yunani, dan Mesir.

Makan langsung dengan tangan juga terbukti lebih sehat gengs! Simak deh 5 alasan kenapa makan langsung dengan tangan telah terbukti lebih sehat dibanding menggunakan peralatan makan.

Makan langsung dengan tangan (kreativv.com)

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Makan langsung dengant tangan sangat baik untuk gerakan latihan otot. Hal ini berdampak pada sirkulasi darah yang lencar. Gerakan tangan yang konsisten ini bikin aliran darah terpompa secara alami.

2. Merangsang pencernaan lebih optimal

Secara alami, tubuh kita memiliki bakteri baik yang berada di tangan, mulut, tenggorokan, dan usus. Bakteri alami ini punya fungsi yang baik untuk melindungi diri dari masuknya virus jahat.

Nah, makan langsung dengan tangan membuat bakteri baik masuk ke dalam sistem pencernaan. Dampaknya, sistem pencernaan akan lebih optimal. Tapi sebelum makan ya tetep harus cuci tangan dulu ya gengs.

Makan langsung dengan tangan ternyata lebih sehat loh! (indozone.id)

3. Mengelola porsi makanan

Makan langsung dengan tangan membuat kita makan lebih lambat daripada menggunakan alat makan. Jadi, kita juga bisa mengelola porsi makanan yang kita makan.

Makan langsung dengan tangan juga membuat sadar tentang porsi makanan kita. Hal ini juga berkaitan dengan lonjakan berat badan jika punya kebiasaan makan menggunakan alat makan.

4. Mencegah diabetes tipe 2

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Clinical Nutrition menyebutkan orang-orang dengan diabetes tipe 2 adalah para pemakan cepat menggunakan alat makan. Makan dengan sendok dan garpu ternyata berkorealsi dengan makan lebih cepat.

Hal ini berkaitan dengan gula darah dalam tubuh. Semakin tidak terkontrol, risiko diabetes tipe 2 pun meningkat. Kalo makan langsung dengan tangan, setidaknya kita bisa menekan lonjakan gula darah itu gengs.

Kita jadi tau porsi makan kita (actasurya.com)

5. Menurunkan berat badan

Makan langsung dengan tangan ternyata membuat kita merasa lebih kenyang. Berbeda dengan orang yang makan menggunakan alat makan loh.

Dengan cara ini, kita jadi lebih cepat merasa kenyang dan bisa menekan hasrat untuk ngemil. Lebih jauh, hal ini juga bisa berpengaruh pada turunnya berat badan.

Itu dia 5 alasan kenapa makan langsung dengan tangan jauh lebih sehat ketimbang menggunakan alat makan. Btw, udah pada makan belom gengs?

Bahkan bisa menurunkan berat badan juga gengs~ (minews.id)