Susah Tidur Berkualitas? Bikin Tenang Pikiran dan Tubuh Dulu, Begini Caranya

Susah tidur nyenyak dan berkualitas? Bikin tenang dulu tubuh sebelum tidur dengan cara di bawah ini.

Jika tidak dipengaruhi kondisi tertentu, tidur merupakan aktivitas yang dilakukan setiap hari. Dan memang seharusnya seperti itu agar tubuh dapat waktu beristirahat dan kondisi kesehatan terjaga dengan baik. 

Tapi nggak selamanya kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Kadang kala waktu istirahat kita terganggu hal-hal besar kecil. Seperti pas banyak yang dipikirin atau lagi stres. 

Terlalu khawatir juga bisa membuat tidur tak nyenyak. Bahkan terlalu senang atau bersemangat membuat kita susah tidur karena bawaanya pengen senyum-senyum terus. Atau habis minum kopi atau sumber kafein lainnya.

Padahal sangat penting ngasih waktu buat tubuh menjadi tenang sebelum tidur. Rasa tenang ini yang akan membuat tidur menjadi berkualitas. Sehingga saat bangun nanti tubuh kita menjadi sangat segar.

Salah satu cara agar badan dan pikiran tenang sebelum rebahan adalah dengan mendengarkan sesuatu. Seperti mendengarkan lagu kesukaan atau mendengarkan cerita. Jadi inget waktu kecil diceritain sama ortu kan? Nah, ternyata cara ini mampu menstimulasi tubuh untuk tenang dan bisa terlelap.

Cara menenangkan tubuh agar tidur berkualitas (innovativeuc.com)

Bisa juga diganti dengan suara-suara yang senyap dan dekat. Misalnya, suara pantai, suara angin sepoi, suara seruling, dan lain sebagainya. Kita bisa mencari suara-suara tersebut di YouTube dari smartphone kalian.

Tapi eits, jangan malah kebablasan. Kurangi interaksi dengan smartphone, karena hanya akan membuat nggak menemukan ketenangan dan susah tidur. Cahaya biru di layar bisa buat semakin terjaga. Cukup gunakan smartphone untuk memutar suara-suara yang menenangkan. 

Cara menenangkan tubuh agar tidur berkualitas (medium.com)

Suara yang bikin tenang dan pikiran fokus pada pernafasan akan membuat rileks. Pikiran, perasaan khawatir dan terlalu senang akan hilang dan bisa tidur nyenyak. 

Selain itu, usahakan hindari makan berat sebelum tidur. Karena ini akan memunculkan masalah lain. Yaitu memperlambat pencernaan dan menggangu tidur. Usahakan dapet tidur nyenyak setiap malam. Agar aktivitas keesokan hari nggak terganggu.

Cara menenangkan tubuh agar tidur berkualitas (readersdigest.ca)