Nggak Ada Akhlaknya, Ini 9 Potret Memalukan Ketika Turis Merusak Alam dan Tempat Wisata.. Ada Dari Indonesia!

Beginilah kelakuan turis yang tega merusak alam dan benda-benda di tempat wisata. Jangan sampai ditiru ya!

Momen jalan-jalan ke tempat wisata tuh emang bikin orang jadi penuh semangat. Bisa melihat benda-benda bersejarah, alam dengan pemandangan indah, serta flora dan fauna yang cantik. 

Tapi sebagai turis yang baik, kamu juga berkewajiban lho untuk menjaga objek wisata. Nggak cuma pengelola atau pemerintah, kita sebagai turis juga turut andil dalam menjaga kebersihan serta kelestariannya. Jangan sampai mengotori, apalagi sampai merusak. 

Banyak banget kasus turis di dunia ini yang bikin malu. Entah karena kurangnya pengetahuan atau emang nggak ada akhlaknya, mereka tega lho merusak benda-benda yang ada di tempat wisata. 

Biar jadi pelajaran, yuk kita simak berbagai kelakukan tak beradab dari para turis yang lagi liburan kemudian malah ngerusak. Bersumpahlah jangan pernah meniru adegan di bawah ini  dan jadilah turis yang baik ya! 

Hutan bambu di Jepang dirusak oleh turis. Orang-orang tak beradab ini memahat grafiti di batang-batang pohon. Setidaknya, ada 100 pohon bambu yang telah ternodai dengan tulisan-tulisan berbahasa Inggris, China, Korea, dan Jepang. Duh! 

Kelakuan turis nggak berakhlak (Boredpanda.com)

Dua turis Indonesia dilaporkan merusak 15 patung di La Venta Museum and Park in Tabasco, Mexico pada tahun 2018 lalu. Ini bahkan termasuk Olmec Monumental Sculptures, patung kepala raksasa yang dikenal sebagai The Old Warrior dan berasal dari 1.000 SM lho. 

Kelakuan turis nggak berakhlak (Boredpanda.com)

Sempat viral nih, video dari seorang perempuan lagi mengubur popok bekas pakai di sebuah pantai Filipina. Tolong, kenapa ya harus buang sampah di pasir pantai? Jangan sampai kayak gini, gengs. Kalau ada sampah, baiknya disimpan dulu lalu cari tempat sampah. 

Kelakuan turis nggak berakhlak (Boredpanda.com)

Musim semi dengan pemandangan bunga-bunga cantik bermekaran tuh memang indah ya? Tapi jangan sampai kayak turis di  Liangshan Yi Autonomous Prefecture, China. Mereka tega mematahkan ranting pohon azalea yang mekar, memetik bunganya, menarik akar pohon, bahkan menggunakan ranting-rantingnya untuk barbekyu. 

Kelakuan turis nggak berakhlak (Boredpanda.com)

Gara-gara turis, warna Yellowstone Hot Spring berubah jadi hijau. Ini karena wisatawan melempari airnya dengan koin dan batu karena mengharap keberuntungan akan mengikuti mereka. Yang terjadi malah koin dan batu menyumbat kolam, memperlambat sirkuasi air, sampai akhirnya menyebabkan pigmentasi yang nggak biasa. 

Kelakuan turis nggak berakhlak (Boredpanda.com)

Jangan jadi turis yang kelewat gila selfie deh! Pernah kejadian nih, turis lagi asyik selfie sampai mundur terlewat jauh dan akhirnya merobohkan patung Saint Michael di National Museum of Ancient Art, Lisbon, Portugal. Robohnya juga nggak main-main lho, sampai hancur dan nggak bisa diperbaiki.

Kelakuan turis nggak berakhlak (Boredpanda.com)

Para turis sibuk memetik bunga lotus di Longqiao Cultural and Ecological Park, China. Bahkan, taman itu sampai ditutup sementara lho setelah kejadian tersebut. Pagar tanaman pun sampai hancur didobrak turis yang sulit dikendalikan. 

Kelakuan turis nggak berakhlak (Boredpanda.com)

Salah satu ikon Oregon yang disebut duckbill hancur gara-gara kelakuan turis. Formasi batu sampai roboh akibat turis memanjat, mendorong, dan menarik batu. Walau udah dilindungi pagar, tetap ada cara bagi turis untuk memaksa masuk. 

Kelakuan turis nggak berakhlak (Boredpanda.com)

Ketika melihat merak yang cantik, sebenarnya kamu sebagai turis cukup lho melihatnya atau memotret dengan wajar. Jangan sampai kayak turis di Kebun Binatang Beijing ini, mereka malah mengejar merak dan merobek bulunya dengan paksa. Beneran nggak beradab! 

Kelakuan turis nggak berakhlak (Boredpanda.com)