Pakaian Tertua di Dunia: Kamu Gabakal Nyangka Usianya!

Pernah gak sih kalian kepikiran soal pakaian tertua di dunia? Bisa sejauh mana sih mereka itu awet?

Pakaian sudah kita kenal sejak ribuan tahun yang lalu demi menutupi tubuh manusia dari terpaan terik matahari dan juga dingin.

Namun bagaimana kalau pakaian sejak zaman dulu masih ada hingga saat ini? Wah bisa jadi rekor pakaian tertua di dunia dong ya gengs?

Tapi emang ada sih, dan berikut daftarnya.

Daftar pakaian tertua di dunia

Gaun Tertua (5.000 tahun)

Selama sih gaun yang biasa dikenakan untuk acara pesta itu bisa bertahan? Jawabannya ya 5000 tahun gengs. Wadau!

Sering digambarkan sebagai pakaian tertua di dunia, gaun Tarkhan ditemukan di sebuah kuburan Mesir kuno, sekitar 30 mil dari Kairo. 

Berasal dari periode Dinasti Pertama atau Kerajaan Lama, gaun (atau tunik) terbuat dari linen (oleh karena gaun juga adalah kain tekstil yang paling awal dikenal yang digunakan untuk pakaian), dan memilikki fitur lengan erat lipit dan kuk dijahit ke rok. OMG!

Pakaian tertua di dunia (BBC.com)

Rok Tertua (5.900 tahun)

Sukar dipercaya namun sebuah rok lusuh yang ditemukan oleh arkeolog di gua Armenia ini jadi pakaian tertua di dunia gengs.

Emang sih gak mungkin untuk digambarkan bagaimana sebenarnya penampilan rok itu saat masih utuh seperti ketika pertama kali dibuat, atau apakah rok itu dikenakan oleh wanita atau pria. 

Tapi, para peneliti percaya ini merupakan contoh tertua dari pakaian alang-alang di dunia.

Pakaian tertua di dunia (BBC.com)

Celana Tertua (3.000 tahun)

Dilansir dari versesofuniverse.blogspot.com, Ternyata celana tertua di dunia ditemukan di makam Yanghai di Cina pada tahun 2014, dan masih dalam kondisi cukup baik. 

Para peneliti percaya bahwa celana dibuat dari tiga potong kain yang terpisah - 2 daerah kaki dan 1 selangkangan - yang kemudian dijahit menggunakan benang yang cocok. Mantul gak tuh?

Pakaian tertua di dunia (BBC.com)

Bra Tertua (600 tahun)

Siapa sangka bra ini termasuk pakaian tertua di dunia juga. Soalnya diperkirakan pakaian dalam wanita tertua di dunia ditemukan di bawah papan lantai dari sebuah kastil Austria pada tahun 2008 ini berusia 600 tahun gengs.

Para peneliti percaya bra-bra tersebut bertanggal kembali ke suatu tempat antara 1390 dan 1485 (ketika mereka disebut sebagai "tas payudara"). 

Keempat bra memiliki cangkir dan tali bahu yang berbeda, sementara dua bra tampaknya adalah kombinasi antara bra dan kaos pendek, termasuk deretan lubang tali di sisi kiri untuk mengikat tali. 

Pakaian tertua di dunia (BBC.com)

Sweater Tertua (1.700 tahun)

Sweater lusuh ini ditemukan di gletser Norwegia pada 2013. Terbuat dari bulu domba yang ditenun menjadi kain kepar. 

Sweater berwarna coklat kehijauan ini dibuat agar sesuai ukuran seorang pria yang sekitar 5-9 kaki gengs. 

Desain ini mungkin telah modis di Zaman Besi Eropa kala itu, baik potongan maupun ukuran sweater sangat mirip dengan pakaian lain yang ditemukan di rawa lebih dari 150 tahun yang lalu.

Amazing banget ya, gak nyangka aja beberapa pakaian tertua di dunia itu usianya sudah menempuh ratusan hingga ribuantahun lamanya. Kalau di pake gimana ya?

Pakaian tertua di dunia (BBC.com)