Orang India Kan Suka Menggelengkan Kepalanya Kalo Lagi Bicara, Apa Sih Maknanya?

Orang India kan suka menggelengkan kepalanya kalo lagi bicara. Apa sih maknanya?

Berapa kali orang India bisa menggelengkan kepalanya ketika bicara? Coba deh kamu nonton film India lagi. Kalo lagi woles, coba hitung berapa kali mereka menggelengkan kepalanya.

Eits hati-hati, hal ini bukan untuk diketawain gengs. Ini adalah salah satu tradisi India dalam kehidupan sosial mereka yang masih eksis sampe sekarang.

Tradisi ini adalah salah satu ciri masyarakat India yang khas. Bahkan kalo lagi gak bicara juga kepalanya tetep digelengkan juga.

Karena tradisi ini cukup unik, sebenernya apa sih makna orang India menggelengkan kepala saat sedang bicara? 

Buat masyarakat India, menggelengkan kepala punya arti tersendiri. Gerakan kepala itu merupakan bentuk komunikasi non-verbal masyarakat India. 

Hal ini mungkin mirip dengan kebiasaan masyarakat kita yang sering menganggukkan kepala dan tersenyum saat bertemu orang. Semua ekspresi dan gerak tubuh ini diungkap seolah-olah tanpa perlu mengatakan apa pun kepada lawan bicara kita.

Nah, biasanya orang India menggelengkan kepala sebagai isyarat untuk mengatakan 'baik', 'oke', atau 'ya'. Berarti orang itu mengerti.

Pernah liat orang India bicara kan, kepala selalu digelengkan (listaka.com)

Jadi kamu jangan heran lagi kalo ketemu dengan orang India dan ngobrol-ngobrol sama mereka sambil menggelengkan kepalanya. Itu berarti mereka setuju dan memberi tahu kita kalo mereka paham dengan apa yang sedang dibicarakan.

Selain itu, makna gelengan kepala saat bicara dengan orang India juga berarti berterima kasih.

Katanya nih ... semakin cepat gelengan kepala orang India, berarti dia semakin paham apa yang dibicarain gengs. Sementara kalo gelengannya pelan atau lambat dan mereka tersenyum, itu berarti orang itu ingin menghormati. Mereka pengin bersikap bersahabat dengan kita.

Di India, gelengan kepala saat mendengarkan orang lain bicara dianggap lebih sopan gengs ketimbang diam aja. Kalo kita diam doang, itu malah dianggap gak mendengarkan mereka.

Gelengan kepala itu berarti 'ya' (giphy.com)

Kalo makna gelengan kepala berarti setuju, terus gimana cara orang India menyatakan 'tidak' atau nggak setuju? Sama juga kayak kita, mereka akan menggelengkan kepalanya ke kiri dan kanan.

Ada satu gestur lainnya yaitu mendongakkan kepala, apa maknanya? Orang India melakukan gestur ini untuk menyatakan 'halo' atau 'apa kabar?'. Gestur ini juga dilakukan sambil menaikkan alis bersamaan.

Kebiasaan ini emang udah berlangsung sejak lama di India. Tapi, beda daerah ya beda juga jenis gerakannya. Ya, mengingat India punya wilayah yang sangat luas di Asia Selatan.

Itu juga bermakna kalo mereka mengerti (pinterest.com)

Gelengan kepala orang India bagian utara dan selatan ternyata beda gengs. Beda tipis sih lebih tepatnya. Orang India di selatan ternyata menggelengkan kepalanya lebih cepat dan lebih sering daripada orang India utara.

Sementara untuk maknanya ya kurang lebih sama gengs. Nah, berarti kamu jangan heran lagi ya kalo nonton film India atau lagi ngobrol sama orang India.

Rata-rata orang India melakukan ini dalam setiap obrolan (giphy.com)