Fakta Cemerlang Muhammad Ali, Petinju Panutan Juara Dunia Dari Masa ke Masa

Muhammad Ali adalah petinju yang hebat. Maka dari itu ia kerap menjadi panutan banyak juara dunia dari masa ke masa.

Bagi penggemar olahraga tinju, nama Muhammad Ali tentu sangat akrab di telinga kalian. Petinju yang sekarang sudah almarhum ini memiliki karir yang sangat cemerlang hingga ia menjadi panutan banyak juara dunia.

Sosok legendaris ini menginspirasi petinju baik di luar maupun di dalam ring. Yuk bagi yang belum kenal, kita cek fakta-fakta tentang Muhammad Ali gengs. Siapa tahu bisa menginspirasi kalian untuk menjadi juara dunia tinju selanjutnya.

1. Muhammad Ali bukan nama lahirnya

Tak banyak yang tahu, bahwa Muhammad Ali bukanlah nama lahirnya. Pada tanggal 17 Januari 1942, Ali dilahirkan dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr.. Ali, mulai mengenal olahraga tinju sejak usianya masih belia, yaitu usia 12 tahun. Ali sangat antusias untuk berlatih tinju atas bimbingan dari seorang polisi sekaligus pelatih tinju, Joe Martin di tempat kelahirannya, Louisville, Kentucky. Debut pertamanya di ring profesional meraih kemenangan dengan angka 6 ronde atas Tunney Hunsaker.

Fakta Muhammad Ali, petinju panutan juara dunia (flickr.com)

2. Seorang mualaf

Nama Muhammad Ali sendiri ia pilih setelah ia memeluk agama Islam. Konversi ini ia umumkan tak lama setelah kemenangannya atas Sonny Liston, di ajang kejuaraan dunia, di Florida Amerika Serikat pada tahun 1964. Dilansir Washington Post, masuknya Ali ke agama Islam bermula ketika perkelahiannya dengan istrinya, Belinda. Belinda pun menasihati bahwa Ali bisa saja menganggap dirinya yang terbesar, tapi tidak akan pernah lebih besar dari Allah.

Fakta Muhammad Ali, petinju panutan juara dunia (umroh.com)

3. Meraih banyak gelar & penghargaan

Sejumlah penghargaan membanggakan berhasil diraih petinju legendaris ini. Seperti yang dilansir dari The Guardian, Muhammad Ali meraih medali emas untuk negaranya Amerika Serikat di Olimpiade Roma, mengalahkan negara Polandia. Bahkan kisah hidupnya diabadikan dalam beberapa film, di antaranya berjudul Ali the Fighter (1971), The Greatest (1977), When We Were Kings (1996), Ali (2001) yang dibintangi oleh aktor Will Smith dan Facing Ali (2009). 

Fakta Muhammad Ali, petinju panutan juara dunia (chicagotribune.com)

4. Pelarangan untuk bertinju

Ali sempat dilarang oleh pemerintah untuk melakukan pertandingan tinju professional. Alasannya adalah karena Ali menolak untuk mengikuti wajib militer yang diadakan oleh negaranya untuk ikut dalam perang Vietnam kala itu. Dilansir The Guardian, pada tanggal 26 Oktober 1970, Ali akhirnya kembali berlaga dalam pertarungan tinju setelah hampir 4 tahun dirinya dilarang oleh pemerintah. 

Fakta Muhammad Ali, petinju panutan juara dunia (pakistantoday.com)

5. Anaknya juga menjadi petinju

Muhammad Ali telah menikah empat kali, dan dikaruniai 7 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Dari istri ketiga, Ali mendapat anak perempuan yang ia beri nama Laila Ali. Laila inilah yang meneruskan karir bertinju orang tuanya. Karir Laila juga bukan kaleng-kaleng di dunia prifesional. Ia sempat menang berturut-turut sembari mengalahkan anak perempuan petinju besar lainnya seperti anak dari George Foreman dan Joe Frazier. Mereka dulu juga rival ayahnya.

Fakta Muhammad Ali, petinju panutan juara dunia (cbssports.com)