Selain Sate, Ini Daftar Masakan Tradisional Khas Madura Yang Enak Banget

Kuliner khas Madura tuh nggak cuma sate lho. Intip daftarnya di sini dan cobain semuanya kuy!

Selain punya banyak tempat wisata yang seru-seru, Madura juga diberkahi dengan makanan tradisional super lezat. Meski kuliner satenya terkenal sampai ke berbagai daerah lain, ternyata makanan khas Madura tuh banyak dan variatif juga lho. 

Kalau kamu ada rencana buat liburan ke Madura atau mungkin pengen cobain melintasi Jembatan Suramadu, nggak ada salahnya meluangkan waktu buat wisata kuliner di sana. 

Berikut rekomendasi makanan enak di Madura yang wajib dicicipin~ 

Salah satu menu populer di Madura adalah bebek sinjay. Banyak banget orang pergi ke Madura buat cobain makanan ini. Bebek goreng lembut ditambah kremesan dan sambal dengan irisan mangga muda yang pedas dan segar tuh emang nikmat banget! 

Nasi serpang ini kayak nasi campurnya Madura. Seporsinya terdiri dari nasi putih, suwiran daging sapi dan ayam, telur, oseng buncis, sambal goreng kentang, bihun goreng,  tempe goreng, oseng tahu, dan pastinya sambal. Biasanya menu ini dinikmatin saat sarapan~ 

Kalau ini namanya topak lodeh. Sekilas memang kayak lodeh pada umumnya ya? Tapi yang bikin beda tuh isinya ada daging sapi, lontong, dengan kuah cokelat yang pedas. 

Kaldu kokot ini unik banget deh. Soalnya, isinya ada sumsum, kikil, tulang sapi yang disiram kuah kaldu super gurih. Terus yang bikin spesial ada kacang hijaunya di dalam masakan ini. Wah, rasanya kayak gimana ya? Biasanya kan kacang hijau dibikin olahan bubur yang manis~

Selain bebek sinjay, kamu juga mesti cobain yang namanya bebek songkem. Nggak cuma digoreng, bebek songkem tuh dimasak bareng rempah-rempah, cabe, terus dibungkus daun pisang lalu dikukus. Daging bebeknya jadi super lembut dan bumbunya menyerap sampai ke tulang.

Untuk makanan manis, cobain tajin sobih. Tampilannya mirip sama bubur sumsum dengan sagu mutiara plus kuah gula merah dan biasanya dijual dengan alas daun pisang.