Mencicipi 7 Makanan Tradisional Khas Banyumas Yang Nikmatnya Tiada Dua

Kalau jalan-jalan ke Banyumas, jangan lupa nih cobain tujuh makanan khas ini~

Siapa yang udah pernah jalan-jalan ke Banyumas, Jawa Tengah? Di sana, ada banyak makanan tradisional yang enak-enak lho. Nyesel banget deh kalau sampai nggak coba wisata kulineran. 

Berikut ini ada tujuh makanan enak khas Banyumas yang wajib dicobain~ 

Tempe bongkrek adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai dan ampas kelapa. Bentuknya kayak tempe busuk tapi banyak yang bilang rasanya enak. Kalau mau makan ini emang harus hati-hati karena bisa bikin keracunan.

Getuk goreng ini terbuat dari singkong yang dikasih gula merah. Rasanya manis dan gurih. Bedanya sama getuk biasa tuh versi Banyumas ini digoreng jadi luarnya lebih garing. Sekarang rasanya udah bervariasi dari cokelat, keju, dan durian.

Siapa yang tau ternyata tempe mendoan itu asalnya dari Banyumas? Kata mendoan sendiri artinya setengah matang atau lembek. Jadi sejatinya tempe mendoan itu memang bukan yang digoreng sampai garing~ 

Makanan lain yang biasa jadi oleh-oleh adalah nopia. Sekilas mirip bakpia tapi luarnya lebih garing dan isinya gula merah.

Untuk makanan utama, cobain deh soto sokaraja. Isi soto ini ada potongan ketupat, irisan daging, kerupuk cantir, sambal kacang, dan kuah kaldu.

Kraca ini kalo di Jawa Barat biasanya disebut tutut. Bahan utamanya pakai keong sawah yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Makannya bisa dilangsung disedot dari cangkangnya atau dicongkel pakai tusuk gigi.

Kamu juga mesti nih cobain jenang jaket yang rasanya manis dan legit. Cemilan ini dibuat dari gula merah, santan, dan beras ketan.