7 Cara Berpikir Kalo Gagal Itu Wajar

Ngerasa surut semangat saat mengalami kegagalan? Ini 7 cara berpikir biar bisa bangkit lagi.

Kata pepatah "gagal itu biasa, kembali bangkit itu yang luar biasa". Semua orang pasti pernah ngerasain gloomy karena kecewa. Kecewa karena dapet nilai jelek. Kecewa karena nggak bisa nyenengin ortu. Atau kecewa karena hidup cuma gini-gini aja. 

Kegagalan itu batu loncatan. Kalau nggak lompat, ya disitu-situ aja. Terpuruk itu sumber air. Semakin direguk dan bangun lagi, semakin segar. 

Stan Lee, menulis komik Fantastic Four saat usia sudah 39 tahun. Beberapa tahun kemudian ia menciptakan karakter Spider Men dan X-Men. Nggak ada kata terlambat buat ngelakuin sesuatu.

Begini 7 cara berpikir saat kamu ngerasa gagal.

1. Ngapain sih terpuruk kelamaan? Dunia terus berputar lho

Coba berdamai dengan diri sendiri. Kalo mimpi setinggi langit dan gagal, diterima aja. Dengan nerima bakal ada feedback kok. Yaitu evaluasi diri. Apa yang salah dan mana yang mesti diperbaiki. 

Kalo gagal dan nggak berpikir gimana caranya buat memberbaiki. Itu cupu. Lawas banget. Waktu yang bergerak nggak bakal membawamu pada kesuksesan kalo nggak beranjak. 

Coba, buka mata

2. Buka mata, hati, telinga

Ingat lagu Maliq 'n D'essential nggak? Ada lho yang lebih penting buat dilakukan daripada melow-melow nggak jelas. 

Contoh pentingnya adalah doing better. Melakukan yang terbaik buat dirimu. Jalan meraih mimpi nggak hanya satu. Coba buka mata, baca peluang untuk bangun lagi. 

Source: News.cuna.

3. Darah itu merah, Jendral!

Ya, terluka itu sakit. Pastikan luka segera diobati. Pastikan lukamu nggak jadi sia-sia.

Siapa yang menentukan buat berhasil? Diri sendiri. Perjuangan itu sakit. Punya mimpi itu harus berjuang. Jadi, kenapa mesti stuck lama-lama?

4. Calm down, jangan emosi

Emosi nggak akan membawa kita kemana-mana. Tenang dan bertiup kencang. Ibaratnya seperti penari balet. Gerakannya lembut tapi penuh energi.

Mimpi punya kita, kita yang mesti mewujudkannya. 

Source: Healthline.

5. Gagal buat naik tingkat

Naik keatas itu mendaki tangga. Sembunyi dibalik kegagalan justru seperti nggak berani menghadapi kenyataan. 

Diri sendiri yang baik tangga. Nggak perlu minta gendong orang. Minta petunjuk arah dari orang lain, its better. Buat naik tingkat juga nggak mungkin nggak tahu arah. 

6. Jangan khawatir kecewa lagi

Kalo udah berkali-kali? Nggak perlu begitu. Kecewa lagi ya bangun lagi. Tinggalkan zona nyaman. Cari aja tantangan buat dirimu sendiri. Kalo jatuh tiga tangga, tantang diri untuk naik tingkat lima. 

Source: Shutterstock.

7. Lewati dengan senyuman

Kalo kecewa, disenyumin aja. Diterima rasa gloomy-nya. Dibaca lagi apa yang diingini. Dilihat medannya. Lalu bangun, dan wujudkan mimpi. 

Senyum membuat rileks. Diantara ketegangan, positif untuk dilakukan. Bertemu kawan, sahabat dan handai taulan.