5 Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

Manfaat ikan patin tuh apa aja sih?

Manfaat Ikan Patin

Siapa dari kalian yang suka makan ikan patin? Ikan ini satu spesies sama lele. Rasanya pun nggak kalah enak sama ikan lele. 

Biasanya, ikan patin hidup di tepi sungai-sungai besar gitu. Bentuknya panjang, berwarna putih perak dan kebiruan. 

Selain enak untuk disantap, ternyata ikan patin juga punya berbagai manfaat kesehatan loh. Yuk, simak apa aja manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh kita.

1. Ngurangin kolesterol

Ikan Patin punya kandungan lemak tak jenuh. Ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Pada 100 gram ikan patin, cuma ada sekitar 21 - 30 gram kolesterol. Keren banget nggak sih manfaat ikan patin ini? 

2. Cegah penyakit kardiovaskular

Ikan patin bisa mencegah gangguan jantung dan kardiovaskular. Menurut penelitian, orang Jepang jarang terkena penyakit jantung karena sangat suka makan ikan patin.

Seperti kita tau, di Jepang ada makanan bernama Sashimi yang berbahan ikan patin mentah. Orang Jepang konsumsi ikan patin 100 - 200 gram sehari. Nggak heran, orang Jepang yang sering makan Sashimi jadi terhindar dari penyakit kardiovaskular dan gangguan jantung.

3. Membantu pertumbuhan janin

manfaat ikan patin (releaseinsider.com)

Kandungan DHA dan omega 3 pada ikan patin sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Soalnya ini mendukung perkembangan janin jadi lebih optimal. Selain itu, kandungan omega 3 akan merangsang pembentukan kecerdasan otak pada janin. Nggak salah, kalo ibu hamil disaranin banyak makan ikan bair anaknya pinter, salah satunya ikan patin.

4. Membentuk otot

Selain itu, ikan patin ternyata punya kandungan protein yang tinggi. Karenanya, ikan patin cukup bagus untuk menambah masa otot sekaligus menjaga daya tahan dan kekuatan tubuh.

5. Jaga kesehatan tulang

Ikan patin (ferari7.me)

Nggak cuma membentuk otot aja, kesehatan tulang bisa lebih terjaga karena rajin konsumsi ikan patin. Pasalnya, ikan ini mengandung forsor dan kalsium yang lumayan tinggi. Ini akan memenuhi kebutuhan tubuh setiap harinya.

Itulah beberapa manfaat ikan patin yang menyehatkan tubuh. Sekarang tertarik mau makan ikan patin nggak nih?

ikan patin (bukalapak.com)