7 Makanan Khas Jawa Tengah Yang Enaknya Bikin Ketagihan

Buat kamu yang suka kulineran, cobain nih makanan-makanan enak khas Jawa Tengah~

Kalau mau jalan-jalan ke Jawa Tengah, pastiin kamu cobain kuliner tradisionalnya yang enak-enak. Dari makanan berat sampai cemilan, semuanya menggugah selera. Beberapa menu masakannya ada yang jarang ditemuin di daerah lain lho. Jadi jangan sampai menyianyiakan kesempatan ya. 

Yuk langsung aja kita lihat apa aja sih makanan enak yang wajib cobain di Jawa Tengah~ 

Di daerah Pati ada makanan namanya nasi gandul. Duh, ini tuh tipikal comfort food yang enak banget. Nasi putih disiram kuah manis pedas mirip semur, terus dilengkapin sama irisan daging sapi, dan telur rebus. Kamu juga bisa nambahin tempe goreng atau sate-satean.

Nah, kalau main ke Dieng, cobain mie ongklok deh. Unik banget deh, jadi mie dicampur kol dan daun kucai, terus kuahnya agak kental. Topping tambahannya bisa sate sapi, keripik tahu atau tempe kemul.

Ada juga garang asem yang terkenal di Kudus, Semarang, Pekalongan, Demak dan Pati. Masakan ini bahan utamanya adalah daging ayam dengan bumbu santan dan ada tambahan cabai serta asam. Rasanya seger banget, pedes, gurih, dan asem!

Kamu juga mesti cobain sosis solo yang dibuat dari telur dadar terus dikasih isian daging ayam atau daging sapi giling, terus digulung kayak risol. Untuk penyajiannya, sosis solo bisa digoreng atau dikukus.

Buat menu makan siang, cobain yang namanya mangut beong. Sekilas mirip ikan lele ya? Tapi masakan ini dibuat dari ikan beong yang berasal dari Kali Progo. Dagingnya lembut berpadu dengan kuah pedas bikin ngiler!

Untuk cemilan lain, wajib dong mampir beli lumpia khas Semarang. Makin mantap kalau dimakan pas hangat-hangat pakai cabe rawit dan sausnya yang khas. Buat isian lumpianya, bisa telur, daging ayam, udang atau sayuran.

Makanan khas Pemalang ini namanya nasi grombyang. Kuliner ini isiannya ada nasi, daging kerbau, dan kuah hitam mirip rawon tapi lebih encer. Nah, makanan ini tuh identik dengan kuahnya yang super banyak~