Inilah Obat-obat Kurang Darah yang Umum Digunakan

Apa aja sih obat kurang darah atau anemia? Yuk, ketahui.

Obat Kurang Darah

Penyakit kurang darah atau anemia akan membuat kondisi tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau membuat sel darah merah nggak berfungsi dengan maksimal. Organ tubuh jadi nggak cukup dapet oksigen deh. Pasien kurang darah biasanya bakal pucat dan gampang lelah.

Nah, karena masalah inilah kegiatan sehari-hari bisa terganggu. Terus apa sih obat yang cocok untuk anemia dan kurang darah? Yuk, simak obat-obat berikut ini. Tapi, perlu diinget kalo obat berikut mungkin perlu dengan anjuran dokter.

1. Suplemen zat besi

Suplemen zat besi mungkin dibutuhkan oleh pasien kurang darah. Zat besi dianggap sebagai bahan baku buat menghasilkan darah.

Zat besi akan diolah oleh badan kita jadi sel darah yang mengandung hemoglobin. Hemoglobin sendiri ialah komponen darah yang bawa oksigen ke seluruh tubuh kalian. Pasien anemia dianjurkan buat konsumsi 100 sampai 200 mg suplemen zat besi.

obat kurang darah (thewellproject.org)

2. Epoetin alfa

Epoetin alfa merupakan salah satu obat penambah darah buat mengobati anemia. Obat ini dibuat dari protein buatan guna bantu badan produksi sel darah merah. 

Epoetin alfa bermanfaat buat mengobati kurang darah atau anemia yang disebabin oleh kemoterapi, penyakit ginjal kronis, dan sebagainya. Obat ini pun bisa berguna untuk kurang darah yang penyebabnya karena penggunaan zidovudine untuk mengatasi HIV (human immunodeficiency virus).

kurang darah menyebabkan lemas (herowrld.com)

3. Hydroxyurea

Obat Hydroxyurea bisa mengobati kurang darah untuk ngurangin rasa sakit. Selain itu, juga guna mengurangi kebutuhan transfusi darah.

Obat kurang darah ini bisa diminum dengan menelan secara utuh tanpa mengunyah atau dihancurkan. Kemudian, biasanya membutuhkan resep dokter. Sebelumnya, dokter akan memrika kondisi medis, berat badan, hasil laboratorium, dan respon terhadap obat.

Selain obat-obatan di atas, kalian juga bisa mengonsumsi makanan tertentu loh. Misalnya, makanan yang kaya akan zat besi. Kandungan zat besi dari sayur bisa bantu badan memproduksi sel darah merah.

Lalu, makanan yang kaya akan tembaga juga bisa jadi asupan penting loh. Coba juga konsumsi makanan yang mengandung asam folat dan B12.

Itulah beberapa obat kurang darah yang biasanya diresepkan dokter. Gimana menurut kalian?

kurang darah mengganggu aktivitas (gulfnews.com)