Mod Perdana GoPro Hero 8, Kembali Lagi Buat Para Vlogger

Pasar konsumer elektronika dewasa ini dikuasai oleh pembuat konten atau vlogger. Buktinya adalah GoPro luncurkan mod Hero 8 yang cocok buat mereka.

Ketika GoPro meluncurkan Hero 8 Black, perusahaan juga memberi teaser sejumlah aksesoris "mod" untuk kamera tersebut. Sebelim Hero 8, GoPro telah mencoba-coba ide ini sebelumnya. Kalian mungkin ingat mod "backpack" dahulu kala yang menambahkan layar LCD yang sekarang menjadi standar. 

Atau aksesoris untuk menambah masa pakai baterai ekstra yang sangat dibutuhkan. Dengan mod-mod baru ini, kamera mendapat sejumlah fungsionalitas baru yang menarik untuk sejumlah orang. Dan kali ini fitur mod yang baru sepertinya lebih menarik bagi para vloggers ketimbang profesi lainya.

Mod tersebut adalah Light Mod seharga $ 50. Mungkin tidak semenyenangkan Media Mod dengan shotgun mic bawaan, atau LCD Display Mod, tetapi itu memberi kita sekilas gambaran tentang ke mana GoPro akan pergi dengan semua ini.

Aksesori pencahyaan GoPro telah tersedia dari pihak ketiga selama bertahun-tahun. Jadi bisa dibilang langkah GoPro ini tidak revolusioner, tetapi terasa lebih masuk akal daripada beberapa alternatif di pasaran.

Pertama, ukurannya yang sangat kecil, sehingga kalian tidak akan merasa seperti memasang unit flash DSLR ke kamera Hero 8. Dengan 200 Lumens, cukup terang untuk menerangi wajah serra lingkungan sekitar kalian ketika malam hari. Tetapi mungkin untuk jarak yang lebih jauh lagi, kalian akan membutuhkan sesuatu yang lebih kuat lagi.

GoPro rilis Light Mod buat para vlogger (engadget.com)

Mod tersebut juga dilengkapi dengan penutup silikon yang bertindak sebagai diffuser sehingga cahaya di wajah kalian tidak akan terlalu terang dengan empat pengaturan kecerahan. Baterai modi ini built-in (baterai diisi melalui USB-C) dan GoPro mengklaim penggunaan hingga enam jam. Light Mod juga tahan air hingga 33 kaki, seperti Hero 8 Black.

Yang paling jelas adalah bahwa GoPro melihat ini sebagai alat terutama untuk vlogger. Ukuran Light Mod yang kecil membuatnya cukup fleksibel untuk dikenakan pada tubuh. Dan ketika dipasangkan di atas atau di samping kamera GoPro, mod ini tidak menambahkan terlalu banyak beban.

Kekurangan dari mod yang ringan tentu kamera jadi kurang mantap. Sehingga kalian mungkin berpikir untuk menambah beban lagi melalui sebuah gimbal untuk mendapatkan stabilitas. Yang kadang-kadang terlihat jelek.

GoPro rilis Light Mod buat para vlogger (gopro.com)

Tetapi tentu saja pemiliki Hero 8 Black paham kalau kamera ini sebenarnya cukup stabil dengan teknologi HyperSmooth mereka. Tak masalah jika sering memegang kamera di tangan, kalian masih bisa mendapatkan footage vlog yang bagus. 

Memperluas kamera dengan opsi pencahayaan yang lebih baik dan perekaman suara yang ditingkatkan adalah upaya yang jelas untuk meningkatkan daya tariknya bagi mereka yang mencari "rig" berukuran saku.

Meski harga mod ini terhitung lebih mahal jika dibandingkan dengan kebanyakan aksesoris di pasaran. Kompatibilitas Light Mod dengan kemungkinan mod lain untuk GoPro adalah sebuah harga tersendiri yang bisa kalian beli mulai sekarang.

GoPro rilis Light Mod buat para vlogger (youtube.com)