9 Es Tradisional Yang Super Enak Dan Cocok Banget Diminum Pas Udara Lagi Panas

Ngerasa belakangan ini lagi super panas? Nih, es tradisional yang cocok buat nemenin hari-hari yang gerah~

Kalo udara lagi panas banget tuh pasti kebayang minuman dingin yang bikin auto seger. Daripada minum soda atau minuman kekinian yang ngantrinya bikin stres, mending cari menu kearifan lokal aja deh, kayak es-es tradisional. 

Di Indonesia tuh banyak banget lho jenis minuman tradisional yang enak-enak dan cocok diminum pas lagi gerah-gerahnya. Di antara 9 jenis es berikut ini, udah berapa banyak kira-kira yang pernah kamu cobain?

Yang pertama ada es doger dari Jawa Barat. Seporsinya ada potongan roti tawar, ketan hitam, susu, sirup, pacar cina, ditambah es serut. Seger pol!

Es cendol  pasti udah pernah coba dong? Minuman hijau dari tepung beras yang dicampur santan dan sirup gula merah. Minuman brown sugar tradisional nih!

Es goyobod ini terkenal di Garut, rasanya manis dan isinya tepung hunkwe, sirup gula merah, santan, pacar cina, pake es serut.

Es pisang ijo juga cocok nih nemenin kamu pas lagi panas-panasnya. Pisang yang dibalut adonan hijau ini biasanya dicampur sama susu, santan, bubur sumsum, sirup merah, dan es serut.

Es nona ini terkenal dari Pontianak. Isinya rame banget, ada pepaya, tape singkong, pacar cina, kacang merah, nangka, potongan roti tawar, es serut, sirup, dan kental manis. Menggoda banget!

Es laksamana mengamuk, wah kok ngeri namanya? Minuman asal Riau ini isinya mangga kweni yang dicampur sama selasih, santan, dan gula cair.

Es gempol pleret ini juga nggak kalah sedep! Isinya gempol dan pleret, apa tuh? Pokonya dibuat dari tepung beras yang dibikin adonan terus dibentuk bulat dan pipih. Minumnya pakai sirup, santan, dan es.

Es campur kayaknya jadi minuman paling umum dan gampang ditemuin di mana-mana ya? Biasanya, isinya ada blewah, pacar cina, rumput laut, kolang-kaling, jeli, alpukat, melon, cincau, dan es batu pakai kental manis.

Es teler ini bisa jadi kayak es campur tapi versi simple, soalnya isinya cuma alpukat, nangka, daging kelapa muda, terus ditambahin es dan kental manis. Hmmm… Enak banget!