Pahlawan-pahlawan Nasional Indonesia yang Wajib Kalian Ketahui

Siapa aja sih pahlawan nasional di Indonesia yang wajib kalian ketahui? Yuk, simak!

Setiap negara memiliki tokoh-tokoh penting di dalamnya. Indonesia sendiri punya banyak pahalawan nasional. Sebagian dari mereka adalah orang-orang yang gigih memperjuangkan kemerdekaan.

Nah, siapa aja sih deretan pahlawan nasional yang wajib kalian ketahui?

1. Ir. Soekarno

Soekarno adalah tokoh yang sangat berjasa bagi kemerdekaan Indonesia. Ia juga merupakan presiden pertama RI yang menjabat dari tahun 1945 sampai 1967. 

Soekarno-lah yang pertama kali mencetus konsep Pancasila, loh. Selain itu, ia juga seorang orator handal yang bisa ngasih semangat pada siapapun yang mendengarnya.

Ir Soekarno (liputan6.com)

2. Mohammad Hatta

Selain Soekarno, Mohammad Hatta juga merupakan salah satu pahlawan nasional yang berjasa bagi kemerdekaan kita.

Beliau adalah wakil presiden dan merupakan 'Bapak Koperasi' Indonesia. Gelar pahlawan nasional untuk Mohammad Hatta udah ditetapkan sama Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 November 2012. 

Moh. Hatta (liputan6.com)

3. Soedirman

Jenderal Besar Raden Soedirman ialah perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Pria ini lahir di Bodas, Karangjati pada 24 Januari 1916. Ia pernah menjadi panglima besar dan jenderal pertama sekaligus termusa di Indonesia pada 18 Desember 1948.

Jasa-jasanya di bidang militer membuatnya dihormati oleh rakyat. Meski punya penyakit TBC paru-paru, dia juga tetep gigih berjuang demi keamanan Indonesia. Karena penyakitnya, Soedirman lalu wafat di Magelang, Jawa Tengah pada 29 Januari 1950.

Jenderal Soedirman (Wikipedia.org)

4. Pangeran Diponegoro

Bendara Pangeran Harya Diponegara atau yang dikenal sebagai Diponegoro lahir di Ngayogyakarta Hadiningrat (sekarang Yogyakarta) pada 11 November 1785. Diponegoro adalah putra sulung Sultan Hamengkubuwana III. Dia dikenal masyarakat karena jadi pimpinan Perang Diponegoro dalam selama kurun waktu 1825-1830.

Perang Diponegoro sendiri dianggap sebagai perang dengan korban terbanyak yang jumlahnya dalam catatan sejarah Indonesia. Pengharagaan atas jasanya dilakukan lewat pemakaian nama untuk sebuah universitas yaitu Universitas Diponegoro (Undip).

Di usia 69 tahun, Pangeran Diponegoro lalu wafat di Makassar. Pada masa pemerintahan Soekarno, pernah diselenggarakan peringatan 100 tahun wafatnya Pangeran Diponegoro.

Itulah beberapa pahlawan nasional yang sebaiknya kalian ketahui. Gimana menurut kalian gengs?

Pangeran Diponegoro (Wikipedia.org)