Penjelasan Metamorfosis Kupu-kupu, Yuk Liat Prosesnya!

Yuk, pelajari proses metamorfosis kupu-kupu berikut ini!

Apa sih metamorfosis itu? Ini merupakan proses perkembangan biologi hewan yang melibatkan perubahan tampilan fisik dan struktur abis kelahiran / penetasan. Perubahan fisik bisa terjadi karena pertumbuhan sel dan perbedaan sel yang berbeda secara radikal.

Nah. kupu-kupu juga ngalamin metamorfosis, loh. Yuk, simak penjelasan soal proses metamorfosis kupu-kupu berikut ini.

1. Fase Telur

Kupu-kupu betina akan memilih tanaman tertentu buat jadiin lokasi telurnya. Mereka berusaha nyari kesukaan si calon ulat daun. FYI, kupu-kupu soalnya punya daun favorit sendiri.

fase telut (moondoggiesmusic.com)

2. Fase Larva

Pada fase metamorfosis kupu-kupu kali ini, telur akan berubah jadi ulat. Ulat bakal makan daun dan pertumbuhannya sangat cepat.

Mereka bisa berganti kulit 4 hingga 6 kali. Saat ukurannya udah maksimal, dia akan nyari tempat perlindungan dan berubah jadi kepompong.

fase larva (lifecycle.onenessbecomesus.com)

3. Fase Kepompong

Kepompong punya struktur kulit yang halus dan keras. Di dalamnya, sedang berlangsung proses kupu-kupu terbentuk. Prosesnya kira-kira selama 7 hingga 20 hari. Lama prosesnya tergantung spesiesnya masing-masing.

kepompong dalam metamorfosis kupu-kupu (jempolkaki.com)

4. Fase Kupu-kupu

Setelah jadi kepompong beberapa hari, barulah kepompong itu akan berubah jadi kupu-kupu. Waktu pertama kali keluar, biasanya sayap kupu-kupu terlihat kusut, kecil, dan basah. Cairan yang membuat basah ini bernama Hemolymph.

Kupu-kupu akan merangkak di dahan perlahan agar tubuhnya kering. Setelah itu, sayapnya bisa mekar dengan indahnya dan jadilah kupu-kupu yang sempurna.

Itulah penjelasan soal metamorfosis kupu-kupu. Bagaimana menurut kalian, gengs?

fase kupu-kupu (sciencemag.org)