Teknik Belajar Gitar dengan Mudah Lewat Latihan yang Sederhana (Bagian 2)

Lanjutan teknik belajar gitar secara sederhana. Kuasai dulu teknik sebelumnya agar mudah mempelajari teknik latihan sederhana di bawah ini.

Setelah kamu mencoba beberapa teknik belajar bermain gitar sederhana di artikel ini, kamu sudah siap untuk mempelajari 10 teknik sederhana lainnya. Langsung saja tanpa basi-basi terus.

11. Belajar untuk kesempurnaan

Selalu ingat: cara kamu berlatih adalah cara yang kamu gunakan saat tampil. Berlatihlah dengan pikiran penuh. Dan jangan berlatih dengan teknik ceroboh atau kesalahan berulang. Luangkan waktu untuk memperbaikinya.

Teknik belajar gitar dengan mudah (nytimes.com)

12. Jangan frustrasi

Meskipun untuk mencapai kesempurnaan itu lama prosesnya, jangan buru-buru frustrasi. Ingat, semua musisi di setiap level membuat kesalahan dalam latihan; itu hanya bagian dari proses pembelajaran. Pertahankan sikap yang baik dan jangan kehilangan motivasi.

Teknik belajar gitar dengan mudah (psychcentral.com)

13. Pelajari yang kamu belum bisa

Jika kamu sudah merasa mahir pada satu hal, jangan ragu untuk mempelajari yang kamu belum bisa. Tak perlu lama-lama kamu menghabiskan banyak waktu untuk mengulang-ulang hal yang telah kamu kuasai.

Teknik belajar gitar dengan mudah (pixabay.com)

14. Bersenang-senang di bagian yang mudah

Latih bagian musik yang kamu sukai dan terus mainkan agar tetap segar. Ini menjadi cara bagi dirimu untuk mengembangkan repertoar. Atau set lagu yang kamu dapat dengan mudah dilakukan dan dimainkan nantinya.

Teknik belajar gitar dengan mudah (liveabout.com)

15. Mainkan lagu yang kalian suka

Jika kamu menyukai apa yang sedang dimainkan, tak masalah jika setiap hari terus memainkan bagian tersebut di gitarmu. Bersenang-senang dan memainkan musik yang disukai akan memastikan bahwa kamu tidak pernah bosan dengan latihan gitar.

Teknik belajar gitar dengan mudah (guitar4all.co.za)

16. Tantang diri dengan memainkan musik yang tak disukai

Kamu juga butuh keluar dari zona nyaman. Tantang dirimu dengan memainkan lagu yang tak kamu suka. Usahakan lagu tersebut juga memiliki bagian teknik yang belum kamu pelajari.

Teknik belajar gitar dengan mudah (youtube.com)

17. Membayangkan diri saat bermain gitar

Kadang membayangkan diri saat bermain gitar bisa menjadi teknik yang efektif. Tentunya dengan membayangkan suatu teknik atau bagian yang belum kalian kuasai.

Teknik belajar gitar dengan mudah (nypost.com)

18. Menyelesaikan masalah dengan membayangkan

Ini tahap selanjutnya dari tips sebelumnya. Jadi belajar menyelesaikan masalah dalam pikiran. Tak harus diimplementasi pada gitar. Itu artinya pikiran dan kemampuanmu sudah satu paket.

Teknik belajar gitar dengan mudah (thehardtimes.net)

19. Bermain gitar secara duet

Berduet dengan seseorang akan membantumu melihat seberapa maju proses belajar gitarmu. Jika tidak ada orang lain, kamu bisa mencari rekaman permainan gitar di internet.

Teknik belajar gitar dengan mudah (takelessons.com)

20. Transposisi kunci gitar sebuah lagu

Pindahkan kunci gitar sebuah lagu dari satu note ke note lainnya. Hal ini akan membantumu mempelajari interval dan melatih telinga untuk mengenali hubungan antar notasi. Jika kamu belum pernah mengubah musik sebelumnya, mulailah dengan mentransposisikan akor gitar menjadi kunci baru, dan lanjutkan lagu dari sana.

Selanjutnya, Bagian 3

Teknik belajar gitar dengan mudah (imusic-school.com)