Makanan yang Aman Bagi Manusia, Tetapi Berbahaya Bagi Kucing

Manusia makan makanan ini akan tetap sehat-sehat saja. Tetapi kalau dimakan kucing malah berbahaya. Apa saja itu?

Bagi pemilik kucing, kebanyakan pasti penasaran makanan apa saja yang biasa kalian makan tetapi bisa juga dimakan anabul. Lucu aja sih bisa makan bareng sama kucing kesayangan. Tetapi kalau kalian tak tahu mana yang aman, bisa berbahaya lho.

Contohnya makanan-makanan di bawah ini. Jangan sampai kalian beri makanan tersebut ke kucing, dari pada kalian menyesal di belakang gengs. Apa saja ya yang berbahaya?

1. Bawang dan bawang putih

Baik bawang merah, bawang putih, bawang bombay, sampai daun bawang ternyata memiliki racun yang mematikan bagi kucing. Bawang mengandung sulfoksida dan disulfida yang dapat menghancurkan sel darah merah kucing.

Akibatnya kucing akan terlihat lemas, tidak nafsu makan, sampai menjadi penyebab anemia atau kekurangan darah.

Makanan yang berbahaya untuk kucing (ayobandung.com)

2. Anggur dan kismis

Buah anggur adalah makanan terlarang bagi kucing, pasalnya buah ini dapat menyebabkan gagal ginjal pada kucing ditandai dengan muntah, lesu, diare, nafsu makan berkurang, dan membuat kucing sering buang air. 

Makanan turunan anggur seperti kismis juga memiliki efek yang sama pada kucing.

Makanan yang berbahaya untuk kucing (nakita.grid.id)

3. Semua makanan yang mengandung laktosa

Semua makanan yang mengandung laktosa sebenarnya tidak dapat ditolerir oleh tubuh kucing. Mengkonsumsi susu akan membuat kucing sakit perut.

Kalau pun kamu ingin memberikan susu, pastikan susu tersebut adalah susu yang memang diformulasikan bagi kucing dan bebas dari laktosa.

Makanan yang berbahaya untuk kucing (economictimes.indiatimes.com)

4. Coklat dan kafein

Ini yang paling berbahaya, memberi makan kucing dengan coklat bisa mengakibatkan tremor, kejang, dan jika tidak ditangani dengan baik bisa mengakibatkan kematian.

Zat yang sama juga ditemukan pada kopi. Jangan sekali-kali kasih makanan yang mengandung coklat dan kopi ya gengs!

Makanan yang berbahaya untuk kucing (getyourguide.com)

5. Xylitol

Makanan yang juga berbahaya bagi kucing yang terakhir adalah makanan yang mengandung Xylitol. Zat ini bisa jadi penyebab penurunan gula darah, kejang, gagal hati, dan berakhir dengan kematian.

Jadi daripada kucing kamu kenapa-kenapa, akan lebih baik jika kamu tidak memberikan makanan bebas gula buatan pada mereka.

Makanan yang berbahaya untuk kucing (indiamart.com)