Kenali Jenis dan Model Helm Untuk Menjaga Keselamatan Kepala

Meski sama-sama digunakan untuk melindungi kepala. Nyatanya banyak sekali jenis dan model helm.

Untuk menjaga keselamatan, setiap pengendara sepeda motor diwajibkan mengenakan pelindung kepala. Pelindung kepala yang dimaksud tentunya adalah helm. Helm dapat melindungi kepala dari benturan benda keras.

Namun tak hanya pengendara motor yang membutuhkan helm. Pekerja proyek bangunan misalnya juga membutuhkan helm. Agar tidak mengalami kecelakaan kerja yang fatal.

Lantas apa saja jenis helm dan model helm yang sering digunakan untuk melindungi kepala?

1. Helm Catok

Helm ini hanya menutup separo kepala bagian atas saja. Orang mengenakan helm ini karena panas dan gerah. Keamanan helm ini tentu sangat minimal.

amazon.com

2. Helm Half Face

Helm half face pada dasarnya seperti helm biasa hanya tanpa kaca di depan saja. Helm ini dipilih juga karena kenyamananya. Pengendara motor bisa menambah aksesori google untuk menutup mata.

indianmotorcycle.com

3. Helm 3/4 Modular

Model helm ini yang paling laris digunakan oleh orang-orang yang ada di Indonesia. Helm ini perpaduan antara helm half face namun diberi penutup muka berbahan mika bening.

qubicle.id

4. Helm Full Face

Helm full face adalah helm yang meutup semua bagian kepala termasuk bagian wajah dan dagu. Dan hanya meninggalkan bagaian mata untuk melihat. Helm ini terhitung jarang digunakan karena bikin gerah untuk wilayah tropis.

motorcyclenews.com

5. Helm Flip Up

Inovasi helm full face ketika bagian penutup wajah dan dagu dapat diangkat ke atas. Pengendara motor untuk wilayah tropis bisa mengenakan helm ini dan ga perlu khawatir kalau suatu saat kegerahan.

AliExpress.com

6. Helm Proyek

Helm ini merupakan helm standar untuk keselamatan pekerja kasar. Terutama pekerja bangunan yang bisa setiap saat kejatuhan benda dari atas. Helm ini terhitung kurang aman untuk kecelakaan besar, namun paling ringan fleksibel.

tokopedia.com

7. Helm Pemadam Kebakaran

Satuan pemadam kebakaran sering terlihat mengenakan helm ini. Bentuknya hampir mirip dengan helm proyek dan helm catok. Namun ditambah pelindung mika bening di depan dan kain karbon dari belakang untuk menghindari sengatan api.

firepenny.com

8. Helm Rugby

Jika dilihat bentuknya, helm ini mirip dengan helm half face atau 3/4 modular. Namun helm ini dilindungi frame besi dibagian muka. Tujuannya tentu agar wajah pemain tidak mengalami benturan saat bermain rugby.

id.carousell.com

9. Helm PUBG

Helm ini adalah helm level 3 dari sekian helm yang bisa di-loot. Helm ini dapat melindungi kepala dari tembakan headshoot para sniper. Keamanan helm ini dijamin oleh penambahan penutup muka yang mirip tukang las.

aliexpress.com