Nggak Hanya Jorok, Ini 5 Dampak Buruk Yang Akan Kamu Rasakan Ketika Sering Males Mandi

Nggak Hanya Jorok, Ini 5 Dampak Buruk Yang Akan Kamu Rasakan Ketika Sering Males Mandi

Udah kayak makan dan tidur, mandi tuh jadi kebiasaan yang wajib dilakukan setiap hari. Setidaknya, kamu harus mandi dua kali sehari. Pertama, pagi atau sebelum beraktivitas. Kedua, pulang berkegiatan atau sebelum tidur. Bisa juga nambah sekali lagi kalau kamu olahraga. 

Banyak orang rajin mandi karena ngerasa lebih bersih. Tapi nyatanya yang males mandi juga nggak kalah banyak. Ngebayangin kena air aja tuh kayaknya mager, mending rebahan. 

Apalagi di masa karantina kayak sekarang ini. Nggak bepergian keluar rumah juga nggak berarti kamu boleh nggak mandi lho. Kebersihan diri sendiri tentunya harus tetap dijaga soalnya berkaitan dengan kesehatan. 

Mau tau dampak buruk dari males mandi? Yuk simak efeknya untuk tubuhmu~ 

Males mandi (naturallymademom.com)

Bau badan 

Udah paling standar kalau males mandi tuh bisa bikin badan jadi bau. Segala keringat, debu, dan kotoran menempel di tubuh sepanjang hari. Kebayang dong kalau nggak dibersihkan jadinya kayak apa? Mungkin kamu ngerasa bersih karena nggak kemana-mana, tapi jangan sampai nunggu bau dulu deh baru mandi~ 

Males mandi (aarp.org)

Gampang sakit

Tau nggak sih kalau dampak buruk dari jarang mandi itu bisa bikin kamu jadi gampang sakit? Yup, bakteri-bakteri yang bersarang di kulitmu itu pada akhirnya bikin kamu jadi mudah terserang penyakit, termasuk flu sampai gangguan pernapasan. 

Coba deh bayangin bakteri di permukaan kulit yang lama nggak dibersihkan, dia bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Terus misalnya kamu garuk-garuk karena gatal, si bakteri pindah ke tangan. Pas kamu garuk-garuk hidung, bakterinya bisa menyusup ke saluran pernapasan juga~ 

Masalah kulit

Timbunan debu dan kuman di kulit tuh selain jorok juga bisa menimbulkan masalah kulit, gengs. Soalnya, kuman-kuman itu pada akhirnya bisa bikin gatal, nempel di barang-barang rumah, kayak kasur, bantal, sofa, selimut, terus menginfeksi diri sendiri. Dampaknya? Kamu bisa kena kurap, jamur, dan panu!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"